Tanda Penyakit Jantung

Tanda Penyakit Jantung Yang Perlu Di Waspadai

Autopsi terhadap Ratu Kecantikan North Dakota Amerika Serikat, Samantha Edwards, yang meninggal mendadak awal musim panas ini, menyatakan bahwa dia memiliki gangguan jantungy ang tidak terdiagnosa.

Pihak keluarga berkata, Samantha bisa diselamatkan andai saja dia tahu mengenai kondisinya lebih awal. Menurut para ahli, ada gejala gangguan jantung yang harusnya kita sadari demi keselamatan diri sendiri dan orang-orang yang kita cintai.

Sering ada tanda-tanda awal  bahwa jantung kita terganggu atau tidak bekerja dengan benar, kata  ahli jantung Laxmi Mehta, M.D., Women’s Cardiovascular Health at The Ohio State University Wexner Medical Center.

Untungnya, kondisi jantung yang tidak terdiagnosis jarang terjadi pada orang muda. Namun, ini bukan berarti orang muda sama sekali bebas dari risiko serangan jantung yang tidak terdeteksi sebelumnya.

9 Tanda Anda Mungkin Memiliki Penyakit Jantung

 

Tanda Penyakit Jantung Yang Perlu Di Waspadai

Kabar baiknya,  kondisi ini bisa diobati  jika Anda segera sadar jika ada sesuatu yang salah dengan organ pemompa darah Anda. Inilah gejala awal serangan jantung yang perlu Anda waspadai:

1. Nyeri dada

Gejala ini umumnya terkait dengan masalah jantung, tetapi mungkin juga suatu gejala penyakit lain.  “Beberapa orang muda cenderung mengalami nyeri dada dan mereka berpikir itu normal,  terutama jika mereka sudah mengalaminya sejak kecil,” kata Mehta.
2. Dada terasa seperti tertekan

Gejala ini terjadi  terutama ketika Anda sedang beraktivitas, jelas Ami Bhatt, M.D. direktur Program Penyakit jantung Bawaan pada Orang Dewasa di Rumah Sakit Umum Massachusetts ini.
3. Sesak napas

Jika napas Anda tersengal-sengal seperti kehabisan napas saat melakukan suatu kegiatan yang tidak terasa berat bagi orang lain seusia Anda, sebaiknya periksakan diri ke dokter.
4. jantung berdebar-debar

Entah itu jantung berdetak kencang atau sebaliknya, seolah Anda merasa jantung berhenti berdetak sejenak, apapun yang di luar kebiasaan harusnya merupakan alasan yang cukup kuat bagi Anda untuk segera menghubungi dokter, saran  Nicole Weinberg, M.D., ahli jantung di California’s Providence Saint John’s Health Center.
5. Pusing

Ini lebih dari pusing ketika Anda berdiri terlalu cepat dari posisi duduk. Pusing yang merupakan sinyal gangguan jantung seolah datang tanpa alasan yang nyata.
6. Kelelahan

Jika biasanya Anda tidak mudah lelah, termasuk seseorang yang energik, lalu suatu hari Anda merasa lelah tanpa sebab yang jelas,  itu bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak benar dengan jantung Anda, kata Weinberg.
7. Kaki bengkak

“Pembengkakan pada kaki yang belum pernah Anda alami sebelumnya dan seolah muncul tanpa sebab  adalah sesuatu yang perlu dikhawatirkan,” kata Mehta.

Ini bisa berarti darah Anda tidak mengalir dengan baik. Gejala ini biasanya terjadi  lebih dari sekali atau bengkak tidak kunjung hilang.
8. Pingsan mendadak

Pingsan bisa terjadi karena gula darah rendah atau alasan lainnya. Apapun sebabnya, itu adalah masalah besar, kata Mehta.

“Setiap kali Anda pingsan, bahkan jika Anda berpikir Anda tahu alasannya, sebaiknya tetap periksakan diri ke dokter.”
9.Riwayat keluarga

Jika Anda memiliki kerabat yang memiliki penyakit jantung atau serangan jantung saat muda, sebaiknya Anda waspada, kata Linda Gillam, MD, ketua pengobatan jantung untuk Morristown Medical Center, Atlantic.

Setiap orang bisa memiliki gejala gangguan jantung yang berbeda-beda. Bahkan, jikapun Anda memiliki gejala-gejala di atas, belum tentu juga Anda pasti memiliki penyakit jantung.

Tetapi jika Anda merasakan sesuatu yang berbeda, terutama jika itu terjadi ketika Anda sedang aktif-Weinberg menyarankan Anda segera membuat janji temu dengan dokter.

Jangan malu untuk bersikap waspada, karena sangat mungkin itu bisa menyelamatkan nyawa Anda.

Editor : Bestari Kumala Dewi
Sumber : SELF,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *