Obat Amandel Tradisional

Obat Amandel Tradisional

obat amandel

Obat amandel tradisional bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengobati pembengkakkan amandel. Obat tradisional murah dan mudah didapat, lebih aman, dan tidak memberikan efek samping. Amandel yang bengkak bisa mengakibatkan harus dioperasi jika dibiarkan begitu saja dan tidak segera diatasi. Obat tradisional ini terutama cocok untuk sakit amandel ringan ataupun masih pada tahap awal. Jika sudah parah lebih baik diperiksakan ke dokter, dan obat tradisional ini sebagai pendamping obat kimia untuk membantu mempercepat penyembuhan.

Pada dasarnya amandel sendiri bukanlah nama penyakit. Amandel adalah nama dari kelenjar getah bening pada sisi kiri-kanan pada bagian belakang rongga mulut. Pada anak usia kurang dari 6 tahun berguna melawan berbagai macam infeksi penyakit. Barulah setelah seseorang melewati usia 6 tahun, fungsi amandel untuk mempertahankan tubuh dari gangguan penyakit akan mulai tergantikan dengan bagian-bagian tubuh yang lainnya. Seiring berjalannya waktu dan seiring bertambahnya usia, ukuran amandel seseorang makin lama semakin mengecil. Ukurannya hanya membesar apabila terjadi peradangan saja.

Berbagai Obat Amandel Tradisional untuk Meredakan Peradangan
Obat amandel tradisional cocok untuk mengobati amandel yang meradang. Amandel sendiri sebetulnya tidak mudah mengalami peradangan, kecuali secara terus menerus terpapar oleh penyebabnya. Penyebab peradangan amandel selengkapnya di bahas di halaman 2 dari artikel ini. Oleh karenanya amandel ini mudah untuk diobati. Untuk peradangan ringan cocok diobati dengan obat tradisional ini, sedangkan untuk yang berat, dapat dicoba juga, jika tidak segera berkurang radangnya atau bahkan bertambah, sebaiknya diperiksakan ke dokter. Berikut beberapa obat amandel tradisional yang sudah cukup terbukti dan panduan cara mengonsumsinya.

1..Obat Tradisional dari Jeruk Nipis
Jeruk nipis memiliki kandungan zat anti bakteri sehingga sangat cocok dan bagus untuk kesehatan. Untuk mengobati amandel, pertama silahkan Anda sediakan 2 buah jeruk nipis dan ½ sendok teh kapur sirih. Cara pembuatannya sangat mudah, ambil dua jeruk nipis yang sudah Anda persiapkan tadi lalu peras airnya, tambahkan kapur sirih, kemudian aduk dengan rata. Minum ramuan tradisional tersebut beberapa kali dalam sehari secara teratur, terutama malam sebelum tidur. Jangan berhenti konsumsi ramuan tradisional ini sebelum amandel bengkak Anda sembuh.

2. Obat Tradisional dari Mengkudu dan Madu
Selain jeruk nipis, ternyata berbagai kandungan gizi, vitamin dan nutrisi yang ada pada mengkudu dan madu ini membuatnya cocok sebagai obat amandel tradisional. Mengkudu memang rasanya tidak enak, namun mungkin rasanya akan sedikit teratasi jika dicampur dengan madu. Ambil dua buah mengkudu, cuci, lalu parut atau peras dan saring ampasnya, dan terakhir tambahkan dengan air panas. Tunggu hingga menjadi hangat, lalu tambahkan madu secukupnya, aduk hingga merata lalu konsumsilah secara rutin 3 kali sehari. Jika diminum secara teratur, cukup efektif meredakan penyakit amandel bengkak Anda.

3. Obat Tradisional dari Kulit Manggis
Obat amandel tradisional selanjutnya adalah kulit manggis. Kulit manggis memang memiliki banyak kandungan yang bisa menyehatkan tubuh dan bisa melawan berbagai penyakit, salah satunya sebagai obat amandel bengkak. Nah, cara pembuatannya juga mudah. Pertama Anda sediakan kulit manggis kurang lebih 15 gram dan minyak daun mint. Rebus kulit manggis dengan dua botol air dan tunggu sampai tersisa satu botol air. Kemudian teteskan minyak daun mint dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur-kumur selama beberapa hari sampai peradangannya sembuh.

Mengetahui obat amandel tradisional saja tidak cukup untuk mengatasi sakit amandel bengkak ini, Anda sebaiknya juga mengetahui penyebab-penyebabnya untuk dihindari supaya pengobatannya efektif.

Penyebab Amandel Bengkak dan Cara Mencegahnya
Penyakit amandel bengkak ini sebenarnya tidak terlalu sulit disembuhkan jika Anda mau disiplin menghindari penyebab-penyebabnya. Berbagai obat herbal yang telah ditulis di atas sudah cukup untuk mengobati sakit ini. Jalan terakhir pengobatan dengan melakukan operasi hanya diperlukan jika ternyata pembengkakkannya sudah sangat parah, dan ini bisa dihindari jika Anda ada komitmen untuk sembuh.

Penyakit ini bisa timbul karena berbagai masalah, dan karena posisinya yang terletak di daerah tenggorokkan maka saat mengalami amandel bengkak Anda akan merasa sangat tidak nyaman. Seperti yang tadi sudah dikatakan bahwa amandel berfungsi melindungi anak usia di bawah 6 tahun untuk melawan penyakit. Dan ketika amandel tidak mampu melawan kuman, bakteri atau virus yang masuk di dalam tubuh, maka terjadilah radang atau pembengkakkan ini. Sama dengan luka tubuh di bagian lain, jika terkena infeksi dan tubuh tidak mampu melawannya, akan terjadi pembengkakkan.

Amandel terletak di kedua sisi tenggorokkan, sehingga saat amandel ini membengkak yang terjadi adalah Anda akan merasakan sakit di daerah kerongkongan saat Anda menelan makanan. Selain itu saat mengalami amandel bengkak suara Anda juga akan sedikit berbeda atau yang sering disebut dengan istilah bindeng. Akan tetapi selain dengan jalan mengonsumsi obat amandel tradisional, sebaiknya Anda mencegah dan menghindari terjadinya radang amandel karena pada dasarnya penyakit ini bisa terjadi karena aktivitas sehari-hari.

Penyebab amandel bengkak yang pertama, biasanya terjadi karena asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh Anda masih kurang. Selain itu mungkin Anda juga kurang minum air putih dalam sehari, padahal seharusnya seseorang mengonsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas sehari. Selain itu Anda juga mungkin sering mengonsumsi makanan yang mengandung pengawet atau bahan kimia lainnya. Nah, untuk menghindari kemungkinan terjadinya amandel bengkak, sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihan tangan saat Anda memegang makanan. Selanjutnya kami juga menyarankan agar Anda tidak mengonsumsi makanan atau minuman dengan keadaan yang terlalu panas, terlalu dingin, terlalu pedas atau terlalu asam.

Kemudian gejala amandel bengkak ini dapat dikenali dengan segera, yang bisa Anda rasakan sendiri atau bisa dilihat dari luar. Diantaranya adalah amandel berwarna merah dan terlihat lebih besar. Pada kedua amandel biasanya akan timbul bercak yang berwarna putih kekuningan. Tenggorokkan juga terasa sakit, apalagi saat digunakan untuk menelan. Bagian leher yang dekat dengan amandel biasanya juga akan membengkak karena terjadi peradangan pada amandel. Anda juga akan merasa pusing, hidung tersumbat, tubuh pegal, dan juga demam.

Bagaimana? Apakah Anda sekarang sudah paham tentang penyakit amandel bengkak dan juga cara mengobatinya dengan obat amandel tradisional? Hindari hal-hal yang menjadi penyebab peradangannya, obat amandel bengkak macam apapun jika masih saja terkena hal-hal yang menyebabkan radang, maka akan sulit sembuh. Jika dengan langkah-langkah di atas sakit amandel bengkak Anda tidak berkurang, ada baiknya diperiksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: